Jumat, 24 Februari 2017

Perhatikan cara merawat bayi anjing dengan benar

Punya sepasang anjing di rumah memang sangat menyenangkan,selain itu juga mempunyai sepasang anjing jantan dan betina akan membuat anjing bahagia dan tidak stres apalagi saat musim kawin,namun yang perlu diperhatikan adalah saat anjing betina akan melahirkan tentu harus mempersiapkan hal-hal berikut,agar anak-anak anjing yang baru lahir dapat terjaga keselamatan dan juga kesehatannya.




Pilihlah boks dengan ukuran yang cukup luas dan nyaman untuk anjing Anda. Kotak persalinan (atau whelping box) adalah kotak yang digunakan anjing ketika melahirkan. Kotak tersebut juga menjaga agar anak-anak anjing tetap hangat dan mencegahnya agar tidak tertindih oleh induknya.
Boks yang digunakan harus memiliki empat sisi dan lantai atau dasar. Pilihlah kotak dengan ukuran panjang dan lebar yang memungkinkan induk untuk berbaring dalam keadaan kepala dan kaki yang terentang. Selain itu, ada baiknya kotak yang digunakan memiliki lebar 1,5 kali tinggi tubuh induk agar sisa ruang yang ada bisa digunakan sebagai tempat untuk anak-anak anjing yang baru lahir.
Pastikan dinding atau sisi kotak cukup tinggi agar anak-anak anjing tetap berada di dalam kotak, namun induknya bisa keluar dari kotak dengan mudah.
Anda bisa membeli kotak persalinan di hampir semua toko hewan peliharaan. Selain kotak persalinan, Anda juga bisa menggunakan boks karton, atau membuatnya sendiri dari papan kayu atau kayu tripleks. Siapkan dua buah boks besar yang kuat, seperti boks televisi atau boks alat rumah tangga lainnya (mis. radio atau kulkas). Potong salah satu sisi setiap kotak dan tempelkan keduanya agar menjadi satu boks yang panjang.
Buatlah ruang untuk anak-anak anjing. Anak-anak anjing membutuhkan ruang aman di dalam kotak yang tidak akan ditempati atau ditiduri oleh induknya (tentunya anak-anak anjing akan kesulitan bernapas jika sampai tertindih). Tandai lebar tambahan pada kotak, dan pasang pagar kayu kecil yang kuat kira-kira 10-15 sentimeter dari dasar kotak untuk memisahkan ruang tersebut dari ruang untuk induk.
Gagang sapu juga bisa digunakan menjadi pagar atau pemisah pada kotak.
Pemisahan ini penting untuk dilakukan, terutama ketika anak-anak anjing sudah berusia di atas dua minggu dan lebih banyak bergerak.
Alasi dasar kotak persalinan. Alasi kotak dengan banyak kertas koran dan beberapa handuk tebal. Sebagai alternatif, gunakan produk seperti Vetbed (semacam kain wol poliester yang menyerap kelembapan dari tubuh induk anjing dan anak-anaknya).

Letakkan karpet penghangat di area untuk anak-anak anjing. Setelah Anda menyiapkan ruang khusus untuk ank-anak anjing, letakkan karpet penghangat di bawah kertas koran yang diletakkan di ruang tersebut. Setelah anak-anak anjing dilahirkan, nyalakan karpet penghangat dalam tingkat panas yang rendah. Ini dilakukan untuk menjaga agar anak-anak anjing tetap merasa hangat ketika berada jauh dari induknya.
Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan lampu pemanas sebagai pengganti karpet penghangat. Arahkan lampu ke sisi kotak (yang digunakan sebagai tempat untuk anak-anak anjing) untuk memberikan kehangatan. Akan tetapi, lampu tersebut menghasilkan panas yang kering sehingga bisa menyebabkan kulit anak-anak anjing kering. Jika Anda perlu menggunakan lampu tersebut, pastikan Anda memeriksa kondisi anak-anak anjing dan melihat apakah ada tanda-tanda kulit kemerahan atau kering. Matikan lampu jika kondisi kulit seperti itu mulai muncul.
Untuk memberikan kehangatan sementara, gunakan botol berisi air panas yang dibalut dengan handuk.
Sediakan penutup atau “atap” untuk bukaan boks. Selama proses persalinan, induk anjing mungkin ingin merasa seperti sedang berada di dalam sarang. Hal tersebut bisa membuatnya merasa aman sehingga proses persalinan dapat berlangsung dengan lebih lancar. Tutupi sebagian bukaan atas kotak handuk atau selimut besar agar ada daerah yang tertutup.
Letakkan kotak persalinan di ruangan yang tenang. Induk anjing tidak boleh diganggu ketika sedang melahirkan sehingga pilihlah ruangan yang tenang untuk meletakkan kotak tersebut.


Sediakan makanan dan air di dekat kotak. Pastikan ada makanan dan air yang tersedia di dekat kotak agar anjing bisa makan atau minum dengan mudah. Sebenarnya Anda bisa saja meletakkan makanan dan air di tempat yang biasa. Akan tetapi, dengan memastikan anjing mengetahui bahwa ada makanan dan air di dekat kotak persalinannya, tentunya ia bisa merasa lebih tenang dan nyaman di momen-momen sebelum atau proses persalinan.
Biarkan anjing memeriksa kotak persalinannya. Sekitar dua minggu sebelum persalinan, biarkan ia memeriksa dan mengenali kotak persalinan yang disediakan. Pastikan kotak diletakkan di tempat atau ruangan yang tenang. Ia perlu bersarang di tempat yang tenang menjelang persalinannya.
Letakkan camilan kesukaannya di dalam kotak. Agar ia terbiasa dengan kotaknya, letakkan camilan di dalam kotak secara berkala. Dengan begini, ia akan mengaitkan kotak tersebut sebagai tempat yang tenang dengan hal-hal yang menyenangkan (dalam hal ini, camilan)
Biarkan anjing Anda memilih tempat untuk melahirkan anak-anaknya. Jangan khawatir jika ia tidak ingin melahirkan di kotak persalinan yang sudah disediakan. Ia akan memilih tempat yang ia rasa aman. Mungkin ia ingin melahirkan anak-anaknya di belakang sofa atau di bawah tempat tidur. Selama ia berada di tempat yang aman dan tidak berisiko mengalami cedera atau luka, biarkan ia memilih tempatnya sendiri.
Jika Anda mencoba memindahkannya, ia akan merasa tertekan. Hal tersebut dapat memperlambat atau, bahkan, menghentikan proses persalinan.


Jangan potong plasenta atau tembuni anak anjing. Pemotongan yang dilakukan sebelum dinding pembuluh darah yang elastis mengerut lebih berisiko memicu pendarahan pada anak anjing. Oleh karena itu, biarkan plasenta tetap menempel pada tubuh anak anjing. Pada akhirnya, plasenta akan mengering, mengerut dan terlepas
Jangan lakukan apa pun pada pusar anak anjing. Anda tidak perlu mengoleskan produk disinfektan pada pusar dan pangkal plasenta anak anjing. Jika kotak persalinan tetap terjaga kebersihannya, pusar anak anjing akan tetap sehat
Gantilah handuk dan kertas koran yang ada di kotak persalinan. Penting bagi Anda untuk menjaga kebersihan kotak setelah anak-anak anjing dilahirkan. Akan tetapi, Anda juga perlu berhati-hati agar tidak banyak mengganggu induknya pascakelahiran. Ketika induknya keluar dari kotak untuk buang air, buanglah handuk yang kotor dan gantilah dengan handuk yang bersih. Selain itu, buang juga kertas korang yang kotor dan gantilah dengan kertas koran yang baru sesegera mungkin


Biarkan induk dan anak-anaknya saling mengakrabkan diri dalam 4-5 hari pertama. Beberapa hari pertama dalam kehidupan anak anjing merupakan momen yang penting untuk mengembangkan ikatan dengan induknya. Sebisa mungkin cobalah biarkan anjing Anda dan anak-anaknya sendiri selama beberapa hari pertama pascakelahiran.
Batasi interaksi fisik dengan anak-anak dalam beberapa hari pertama. Pegang anak-anak anjing tersebut hanya ketika Anda perlu membersihkan kotak persalinan yang, biasanya, perlu dilakukan pada hari ketiga setelah persalinan.
Periksalah dan pastikan anak-anak anjing mendapatkan cukup kehangatan. Gunakan tangan Anda untuk merasakan tubuhnya. Anak anjing yang kedinginan akan terasa sejuk atau dingin ketika disentuh. Selain itu, anak anjing yang kedinginan juga mungkin tidak akan menunjukkan respon dan sangat diam. Sebaliknya, anak anjing yang kepanasan memiliki telinga dan lidah yang merah. Ia juga akan banyak menggeliat sebagai usahanya untuk menjauhkan diri dari sumber panas.
Suhu tubuh anak anjing yang baru lahir berkisar antara 34 hingga 37 derajat Celsius. Di usia dua minggu, suhu tubuhnya akan naik hingga 38 derajat Celsius. Akan tetapi, Anda tidak harus memeriksa suhu tubuhnya menggunakan termometer. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tertentu, cobalah bicarakan dengan dokter hewan.
Jika Anda menggunakan lampu penghangat, pastikan Anda memeriksa kondisi anak-anak anjing secara berkala untuk mengetahui adanya tanda-tanda kulit kemerahan atau kering. Jika kondisi kulit tersebut muncul, matikan lampu penghangat.


Sesuaikan suhu ruangan. Anak anjing yang baru lahir belum bisa mengatur suhu tubuhnya sendiri dan mudah merasa kedinginan. Tanpa induknya, Andalah yang perlu menyediakan sumber kehangatan untuk anak-anak anjing yang baru lahir tersebut.
Aturlah suhu ruangan agar Anda merasa cukup nyaman untuk mengenakan celana pendek dan kaus.
Sediakan sumber panas tambahan pada kotak anak anjing dengan meletakkan bantal pemanas di bawah alas kotak. Aturlah ke tingkat panas rendah untuk mencegah pemanasan secara berlebih. Sebagai anak anjing yang baru dilahirkan, ia tidak dapat langsung bergerak dan berpindah tempat ketika merasa kepanasan. 
Letakkan makanan dan air di tempat yang terjangkau oleh induk anjing. Induk anjing mungkin enggan meninggalkan anak-anaknya sehingga pastikan ia bisa mendapatkan makanan dan airnya dengan mudah. Terkadang, induk anjing tidak mau keluar dari kotak persalinannya dalam 2-3 hari pertama pascakelahiran. Jika anjing Anda tidak mau bergerak, letakkan makanan dan airnya di dalam kotak

Perhatikan tanda-tanda bahwa anak anjing sedang lapar. Anak anjing yang lapar biasanya berisik. Ia akan mendecit dan merengek; kedua hal tersebut biasanya dilakukan untuk memanggil ibunya agar mau menyusuinya. Jika anak anjing tampak gemetaran dan merengek, dan belum makan selama 2-3 jam, ada kemungkinan ia merasa lapar dan harus diberi makan.
Bentuk perutnya dapat menjadi petunjuk bagi Anda. Karena anak anjing memiliki sedikit lemak pada tubuhnya, perutnya akan tampak rata atau cekung ketika kosong. Ketika perutnya penuh, perutnya akan menggembung (menyerupai tong). 
Periksa dan pastikan anak-anak anjing mendapatkan cukup kehangatan. Gunakan tangan untuk merasakan tubuh anak anjing. Anak anjing yang kedinginan akan terasa dingin ketika disentuh. Ia juga mungkin tidak banyak menunjukkan respon dan sangat tenang. Sebaliknya, jika anak anjing merasa kepanasan, telinga dan lidahnya akan memerah. Ia juga akan banyak menggeliat sebagai usahanya untuk menjauhkan diri dari sumber panas.
Suhu tubuh anak anjing yang baru lahir berkisar antara 34 hingga 37 derajat Celsius. Di usia dua minggu, suhu tubuhnya akan naik hingga 38 derajat Celsius. Akan tetapi, Anda tidak harus memeriksa suhu tubuhnya menggunakan termometer. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tertentu, cobalah bicarakan dengan dokter hewan.
Jika Anda menggunakan lampu penghangat, pastikan Anda memeriksa kondisi anak-anak anjing secara berkala untuk mengetahui adanya tanda-tanda kulit kemerahan atau kering. Jika kondisi kulit tersebut muncul, matikan lampu penghangat

0 komentar:

Posting Komentar