Jumat, 24 Februari 2017

Hal yang harus dilakukan saat anjing keracunan coklat

Dalam artikel sebelumnya telah dibahas bagaimana bahaya coklat untuk anjing kita (baca disini) namun apa yang di harus kita lakukan apabila ternyata anjing kita tidak sengaja memakan coklat ? berikut ulasannya :








1.Membuat anjing muntah

Cobalah untuk membuat anjing muntah bila disarankan oleh dokter hewan. Ini seharusnya hanya apabila cokelat ditelan sebelum lebih dari satu jam dan tanda-tanda gejala saraf (tremor) belum terlihat. Ingatlah bahwa mungkin terjadi komplikasi mematikan ketika Anda mencoba membuat anjing muntah.
Berikan satu sendok teh hidrogen peroksida (3%) pada anjing. Campurkan dengan air dengan perbandingan 50:50. Anda mungkin akan menumpahkannya sangat banyak bila Anda memberikannya dengan sendok, jadi lebih baik Anda menyimpan penyemprot obat oral di dalam perlengkapan darurat anjing Anda.
Perhatikan anjing Anda selama kurang lebih 15 menit. Bawa ia keluar dan perhatikan dengan saksama. Anda bisa melakukannya dengan mengajak anjing Anda untuk berjalan. Luar rumah juga akan menjadi tempat yang lebih baik bagi anjing untuk muntah.
Bila peroksida tidak juga menyebabkan anjing muntah setelah 15 menit, berikan satu kali dosis yang sama lagi dan tunggu.
Jangan memberikan peroksida lagi. Bila anjing masih tidak muntah setelah 30 menit berlalu, jangan memberinya peroksida lagi. Terlalu banyak peroksida dapat membahayakan anjing Anda.
Terdapat beberapa efek samping yang mungkin terjadi karena anjing mengonsumsi hidrogen peroksida, meskipun hanya sekali. Efek samping yang mungkin dihasilkan adalah iritasi dan radang ringan hingga parah pada perut dan kerongkongan, aspirasi (masuknya sesuatu ke dalam paru-paru yang bisa menyebabkan kematian), dan terbentuknya gelembung dalam aliran darah (juga berpotensi mematikan).

2.Bila Masih belum muntah berikan arang 

Coba berikan arang aktif pada anjing sebagai upaya terakhir. Arang aktif membantu dengan mencegah penyerapan elemen-elemen racun yang terkandung dalam cokelat oleh usus. Dosis umum arang aktif yang digunakan adalah 1 gram bubuk arang dicampurkan dengan 5 ml (satu sendok teh) air untuk setiap kilogram bobot anjing.
Ini benar-benar merupakan upaya terakhir untuk menolong anjing ketika tidak terdapat perawatan dokter hewan profesional, dan idealnya hanya dilakukan ketika disarankan oleh dokter hewan.
Jangan memberikan arang aktif pada anjing yang sedang muntah, menunjukkan gejala-gejala tremor, ataupun gejala serangan penyakit otak mendadak. Akan fatal bagi anjing bila arang masuk ke dalam paru-paru.
Sangatlah sulit untuk memberi arang dalam jumlah besar kepada anjing tanpa selang perut, dan Anda perlu mengulangi proses ini setiap 4-6 jam untuk 2-3 hari. Ingatlah bahwa kotoran anjing akan berwarna hitam dan mungkin terjadi konstipasi padanya.
Dan juga, salah satu efek samping serius dari pemberian arang adalah meningkatnya kadar natrium dalam darah yang bisa menyebabkan tremor dan serangan penyakit otak mendadak.
Gejala-gejala yang dihasilkan akan terlihat seperti gejala masalah saraf yang disebabkan oleh keracunan cokelat.
Bila anjing tidak memakan arang dengan sendirinya, campurkan arang aktif dengan sedikit makanan kaleng, lalu mungkin Anda perlu menyemprotkannya ke dalam mulut anjing. Sayangnya, ini akan meningkatkan risiko bahaya yang mungkin terjadi karena terdapat kemungkinan arang akan masuk ke dalam paru-paru, sehingga cara ini tidak disarankan.
Hindari menggunakan arang dengan Sorbitol secara terus-menerus, karena ini akan meningkatkan kemungkinan terjadinya diare dan dehidrasi dan juga komplikasi yang lebih serius pada anjing.



3.Hubungi dokter & bawa ke klinik hewan

Hubungi dokter hewan untuk mendapatkan saran sesegera mungkin. Dokter hewan akan memberi tahu Anda langkah-langkah yang harus diambil, baik dengan membawa anjing ke tempat kerja dokter tersebut atau mengarahkan Anda dengan langkah-langkah yang bisa dilakukan di rumah untuk menolong anjing.
Cokelat dengan jumlah kecil mungkin hanya akan menyebabkan diare dan permasalahan pencernaan. Tetapi, pilihan terbaik yang bisa Anda ambil adalah dengan menghubungi dokter hewan tidak peduli sebanyak apa pun jumlah cokelat yang dimakan oleh anjing, karena reaksi yang dihasilkan bisa berbeda-beda.
Bawa anjing ke dokter hewan, bila itu yang disarankan oleh dokter hewan. Dokter hewan memiliki pengetahuan, pegawai, obat, dan peralatan untuk merawat anjing yang overdosis karena cokelat.
Dokter hewan memiliki obat yang bisa membuat anjing muntah bila cokelat baru ditelan dalam kurang lebih satu jam terakhir.


Pada beberapa kasus, anjing mungkin harus dirawat inap selama satu malam dan rumah sakit darurat 24 jam adalah pilihan yang terbaik.

0 komentar:

Posting Komentar