Kamis, 23 Februari 2017

Menangani Anjing Pug yang kesulitan bernafas

Anda harus mengetahui, bahwa anjing pug rentan terserang gangguan pernapasan karena tenggorokannya lebih sempit dibandingkan anjing jenis lainnya. Lubang hidungnya juga lebih kecil. Langit-langit di dalam mulutnya panjang dan lunak, serta memakan banyak tempat di bagian belakang tenggorokannya. Nyatanya, anjing pug itu suka mendengkur serta tergolong berisik ketika bernapas. Hal ini dikarenakan jumlah jaringan lunak yang banyak terdapat pada bagian belakang tenggorokannya bergetar setiap kali anjing pug mengambil napas
Apabila dengkuran anjing pug membuat Anda terganggu, Anda dapat mengenakan penyumbat telinga di malam hari untuk menghalangi suranya. Atau, Anda juga bisa melatih anjing pug untuk tidur di kandangnya sendiri
Cari tahu bagaimana cara mendeteksi tanda-tanda kesulitan pernapasan pada anjing pug. Untuk memenuhi kebutuhan oksigen, kebanyakan anjing pug mengeluarkan tenaga untuk bernapas secara mengap-mengap. Anda harus tahu, apabila Anda memaksa anjing pug berolahraga sekalipun Anda telah melihat tanda-tanda anjing terengah-engah, anjing pug bisa jatuh pingsan. Anda tidak perlu mencemaskan suara pernapasan anjing pug yang berisik. Tetapi, Anda harus tetap mengenal tanda-tanda kesulitan pernapasan, seandainya Anda melihat ada masalah pada anjing. Tanda-tandanya meliputi : 
  • Suara pernapasan yang berisik, disertai dengan raut wajah yang terlihat panik
  • Gusi atau lidah berwarna kebiruan
  • Air liur lengket dan kental
  • Anjing enggan bergerak
  • Pergerakan pada dada dan otot perut yang terlihat berlebihan
  • Kegelisahan apabila anjing bisa merasa nyaman
  • Pingsan

Segera lakukan tindakan apabila anjing pug menunjukkan tanda-tanda kesulitan pernapasan. Hentikan semua kegiatan dan pastikan tubuh anjing pug tidak terlampau panas. Apabila kondisinya tidak membaik dalam beberapa menit, segera hubungi dokter hewan dan laporkan sebagai keadaan yang darurat.
Tetaplah bersikap tenang, karena ia dapat merasakannya jika Anda panik dan ia serta merta juga bisa menjadi panik.
Apabila anjing pug terlihat sering mengalami kesulitan dalam bernapas, berkonsultasilah dengan dokter hewan mengenai kemungkinan operasi korektif untuk anjing. Terdapat beberapa tipe operasi yang memotong jaringan tisu yang jumlahnya terlalu berlebihan pada bagian belakang tenggorokan anjing, serta operasi untuk memperlebar lubang hidung anjing pug agar ia dapat bernapas dengan lebih mudah.


Jangan membiarkannya berlama-lama di luar ketika cuaca tengah panas. Anjing tidak dapat berkeringat; mereka terengah-engah untuk meredakan panas. Apabila cuaca panas, kondisi anjing pug dapat memburuk karena selain gangguan pernapasan dapat menyerang, anjing pug juga tidak dapat menyejukkan diri sehingga anjing cenderung dapat jatuh pingsan karena kepanasan.
Agar hal ini tidak terjadi, janganlah membuat anjing pug berolahraga pada hari yang panas. Anjing pug harus ditempatkan dalam ruangan yang sejuk atau berada di bawah tempat yang teduh.
Apabila Anda melihat anjing pug terengah-engah secara berlebihan, basahi bulunya dengan air untuk membuatnya sejuk. Lalu, basahi juga lidahnya untuk membuatnya tetap nyaman, karena air cepat mengering.
Posisikan anjing pug di depan kipas angin dengan setelan angin yang rendah. Pastikan juga Anda menyediakan terus menyediakan air untuk anjing pug.
Jagalah berat badan anjing pug pada angka yang ideal. Menjaga berat badan anjing pug agar tetap langsing itu penting karena gangguan pernapasan yang sering menyerang jenis ras anjing ini. Berat badan ekstra mengharuskan tubuh anjing untuk mendapatkan oksigen yang lebih banyak. Selain itu, lemak berlebih juga menekan paru-parunya, saluran pernapasan, serta tenggorokan, sehingga membuatnya kesulitan bernapas.
Bicaralah dengan dokter hewan apabila Anda merasa anjing pug terlalu gemuk, untuk mendapatkan rekomendasi rencana pemberian porsi makan anjing yang dapat membantunya mengurangi berat badan sampai pada angka yang ideal.

0 komentar:

Posting Komentar